Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu program nasional yang memerlukan perhatian serius dari semua pihak, baik pemerintah, lembaga pendidikan dan orangtua peserta didik. Karena sekarang ini kita masih jauh tertinggal dengan negara lain dalam mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa .
Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan upaya keseriusan dalam penanganan pendidikan, baik dalam pemenuhan perangkat lunak ( software ) terutama kompetensi pendidik dan peserta didik maupun perangkat keras ( herdware ) yang salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan sarana pendukung pendidikan seperti laboratorium bahasa yang memadai.
Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kriyan ( MTs ) adalah suatu bentuk lembaga pendidikan swasta yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, mempunyai mengidamkan sebagaimana madrasah negeri. Namun pada kenyataannya sarana yang tersedia pada MTs Nurul Islam Kriyan jauh berbeda dengan MTs Negeri, hal itu dimaklumi karena keterbatasan dana yang ada. Agar tetap eksis dan diminati masyarakat maka MTs Nurul Islam ingin mengejar ketertinggalan dengan MTs Negeri agar tidak semakin jauh tertinggal.
MTs Nurul Islam merupakan salah satu MTs tertua di kabupaten Jepara telah berhasil mencetak lulusan yang cukup banyak dan telah memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat dalam mencerdaskan bangsa. Setiap tahun rata rata MTs Nurul Islam meluluskan tidak kurang dari 100 siswa, kebanyakan alumni MTs Nurul Islam melanjutkan pendidikan ke MA dan pesantren. Dan setelah terjun ke masyarakat mereka punya peran penting di bidang agama .
Adapun prestasi yang telah dicapai, dibidang akademik hampir setiap tahun masuk peringkat 10 besar MTs se kabupaten Jepara . Dan dibidang non akademis dalam lima tahun terakhir ini telah banyak meraih prestasi di tingkat Kabupaten dan Provinsi Jawa Tengah di cabang seni kaligrafi .
Prestasi yang telah dicapai tersebut memang belum sesuai dengan harapan kami dan wali peserta didik, hal itu disebabkan sarana prasarana yang dimiliki oleh MTs Nurul Islam sangat terbatas. Padahal kurikulum KTSP sangat memerlukan sarana-sarana guna meningkatkan pelayanan pendidikan dan pencapaian mutu pendidikan.
Untuk itu kami programkan peningkatan mutu pendidikan MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara melalui pemenuhan sarana prasaran yang memadai guna mencapai prestasi yang berkualitas.
Komentar